Tekan enter untuk melihat hasil dan esc untuk batal

Cilukba dapat Mengubah Dunia..

3 min read

Setelah beberapa menit yang lalu menonton salah satu Top 50 Video di TED Talks memantikku untuk menuliskannya. Video yang cukup singkat, tidak lebih dari 7 menit namun sensasi dan pesan yang diberikan sangat kuat untuk dijadikan motivasi dalam mendidik anak.

Tulisan ini akan menjadi tulisan pertamaku bergenrekan Parenting, berbeda dengan kebanyakan tulisan sebelumnya yang aku tulis karena sangat sayang menurutku bila pikiran-pikiran polos dan cerdas dari anak usia 7 tahun yaitu Molly Wright tidak disampaikan ke orang-orang tua masa ini, hingga calon-calon orang tua dimasa depan.

Speech title yang dibawakan Molly Wright yaitu How Every Child Can Be Thrive By Five dengan topiknya masuk ke dalam dunia parenting meski secara tema menyentuh sisi Social Issue dan Personal Development. Lack of parenting, tidak terjadi dalam satu keluarga; bagaimana akhir-akhir ini ketersediaan dan kemudahan dari pengembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) membuat banyak orang tua kehilangan waktu dan kesempatan memberikan pendidikan terbaik di usia dini kepada anak-anaknya.

Rutinitas kerja, bisnis dan sekolah membuat para orang tua terbatas untuk menyapa, bermain, berinteraksi secara verbal dan isyarat dengan anak-anaknya yang secara masa pertumbuhan sangat berdampak pada kelangsungan pertumbuhan anak nanti. Membangun chemistry dengan anak-anak sejak dini akan memberikan mereka kepercayaan dan kepuasan sebagai seorang anak.

“Setiap momen bersama adalah kesempatan untuk terhubung, berbicara, dan bermain,” kata Molly.

Molly mengajak para orang tua untuk memperbanyak bermain Serve & Return dengan anak-anak yang merujuk pada connect, talk, and play with children! Itu semua yang anak-anak inginkan. 

Serve & Return adalah cara dewasa untuk mengatakan connect (terhubung), talk (berbincang), dan play (bermain) bersama.

Moly juga menunjukkan contoh permainan sederhana namun mampu mengubah dunia, yaitu Copycat dan PeeKaBoo

Copycat mengacu pada seseorang yang mengadopsi, meniru atau mengikuti hal yang sama seperti yang orang lain lakukan, contohnya anak kecil yang meniru tingkah laku tak sopan orang tua atau seseorang yang meniru apa yang di lakukan orang yang dia idolakan atau disukai. 

Sumber: Wikipedia

Copycat dapat membangun imaginasi dan rasa empati dan Peekaboo dapat membangun memori dan kepercayaan. 

Cilukba (dalam bahasa inggris disebut Peekaboo) adalah bentuk permainan yang terutama dimainkan bersama bayi. Dalam permainan ini, satu pemain menyembunyikan wajah mereka, bisa dengan menutupnya dengan tangan atau sembunyi dibalik benda tertentu. Kemudian secara tiba-tiba sang pemain muncul kembali ke pandangan yang lain, lalu mengatakan Cilukba!.

Sumber: Wikipedia

Seberapa sering sebaiknya bermain Serve & Return? Jawabannya sederhana kata Molly: Early & Often yang artinya lebih awal akan sangat baik dan dilakukan sesering mungkin sebab pertumbuhan otak manusia lebih cepat di awal tahun daripada tahun lainnya, menghasilkan jutaan neural connection dalam setiap detiknya.

Molly menginginkan orang tua untuk menjalankan Serve & Return lebih awal dan sering karena “Itu tidak hanya membangun kekuatan hubungan-hubungan kita dan kesehatan mental,  itu juga sebenarnya mengajarkan kita beberapa dari skill hidup yang sangat penting, dari menjalin pertemanan, mengerjakan sebuah tes, untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, dan memulai membangun keluarga yang kita miliki suatu saat.” 

Saat kemudian anak-anak kehilangan perhatian dari orang tuanya saat ketika sang orang tua sibuk dengan gadgetnya, maka mereka akan mencoba mendapatkannya kembali bagaimanapun caranya dan yang paling umum adalah menangis. 

Molly mengatakan, “Baik, memang penting bagi orang dewasa menggunakan perangkatnya, namun anak kecil terprogram untuk menemukan meaningful connections dan tidak terpenuhi kebutuhan menyebabkan mereka kebingungan dan stress.”

Perumpaan terakhir dari Molly sangat menyentuh hati.

Bagaimana bila sepanjang masa kecil kita seperti 30 detik terakhir dalam ilustrasi video? Maka tidak akan sulit bagaimana seorang anak kecil untuk menjadi tenang, mereka merasa aman dan mampu belajar untuk percaya terhadap sesama dan dampak hidup lainnya yang berharga. Maka, tetap ingat periode paling spesial dalam pertumbuhan adalah 5 tahun pertama dimulai dari Mommy’s Tummy (Saat bayi di dalam perut). 

Every moment together is an opportunity to connect, talk and play. Imagine the difference we could make if everyone everywhere did this. To us, the children, it’s so much more than just a game. It’s our future.

Molly Wright
id_IDBahasa Indonesia
Share via
Copy link
Powered by Social Snap