Categories: MentalTulisanUlasan

Social-Disconnectedness : Kita Tidak di Desain Untuk Pembatasan Sosial

Pelukan dan obrolan tatap muka mungkin tidak dapat dilakukan di masa mendatang. Tetapi ada cara-cara lain untuk menjaga kesendirian.

Manusia adalah makhluk sosial. Masyarakat dan lembaga kami sebagian besar diorganisasikan dalam interaksi sosial, dan kami adalah salah satu dari sedikit – jika bukan satu-satunya – spesies di planet ini yang anggotanya bersedia melakukan pengorbanan pribadi untuk orang asing yang tidak terkait. Itu mengatakan sesuatu yang bahkan di penjara kita, kurungan isolasi dipandang sebagai tingkat hukuman yang luar biasa.

Pandemi Covid-19 dan imperatif sosialnya yang memaksa memaksa manusia melintasi AS dan dunia untuk menghabiskan lebih banyak waktu sendirian atau dalam kelompok-kelompok kecil yang statis daripada pada titik mana pun dalam sejarah modern. Dan walaupun pandemi ini baru, bahaya isolasi sosial dan kesepian yang menyertainya sudah mapan.

Sebuah studi yang diterbitkan tahun ini di The Lancet menemukan bahwa ketidakterkaitan sosial – didefinisikan sebagai kelangkaan kontak dengan orang lain – menyebabkan perasaan terisolasi, yang pada gilirannya mempromosikan perasaan depresi dan kecemasan. “Kebutuhan akan keterhubungan sosial adalah karakteristik manusia yang sudah berurat berakar,” tulis para penulis penelitian. Isolasi, mereka melanjutkan dengan mengatakan, itu terkait erat dengan penurunan mood dan fungsi kognitif, kurang tidur, dan meningkatnya stres dan berat badan. Mungkin yang paling relevan dengan situasi Covid-19 saat ini, isolasi juga dikaitkan dengan penurunan fungsi kekebalan tubuh, tulis mereka.
“Pikiranmu tidak memiliki batasan perlindungan tempat.”

Dampak kesehatan dari kesepian
“Orang adalah organisme sosial, dan jutaan tahun evolusi telah membuat kita tidak bisa diisolasi atau sendirian,” kata Roger McIntyre, seorang profesor psikiatri di University of Toronto. Dia mengatakan bahwa isolasi sering mengarah ke kesepian, yang penelitiannya dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, obesitas, depresi, dan bunuh diri. “Dalam beberapa kasus, risiko yang terkait dengan kesepian melebihi risiko merokok sebungkus rokok sehari,” katanya.
McIntyre dengan cepat menunjukkan bahwa, meskipun kadang-kadang digunakan secara bergantian, isolasi sosial dan kesepian tidak sama. Yang penting adalah kesenjangan antara interaksi sosial yang diinginkan seseorang dan apa yang mereka dapatkan, katanya. “Kesendirian adalah ketika ada keterputusan antara keinginan seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain dan interaksi yang sebenarnya terjadi. Anda dapat dikelilingi oleh orang-orang dan masih kesepian. ”
Perbedaan ini penting pada saat begitu banyak orang kehilangan kontak langsung dengan teman dan orang yang dicintai.
“Kesendirian membuat orang defensif, mudah marah, tertekan, dan khawatir tentang kelangsungan hidup mereka, dan itu terkait dengan peningkatan 26% dalam risiko kematian dini,” kata Stephanie Cacioppo, seorang peneliti kesepian dan asisten profesor psikiatri dan ilmu saraf perilaku di Universitas Chicago. Cacioppo mengatakan bahwa kesepian dapat menyebabkan atau berkontribusi pada sejumlah masalah kesehatan antara lain karena otak manusia menganggap tidak adanya interaksi sosial secara inheren menimbulkan stres.

Kerja sama sosial telah sangat penting untuk keberhasilan spesies manusia sehingga orang-orang saat ini sudah dipersiapkan untuk menghabiskan waktu dengan orang lain, ia menjelaskan. Dan beberapa penelitiannya telah menemukan bahwa tidak adanya kontak interpersonal mengaktifkan beberapa daerah otak yang sama dan proses yang menyala dalam menanggapi kelaparan atau ancaman kerusakan fisik. Seperti sistem keamanan yang dikalibrasi dengan hati-hati, otak manusia dirancang untuk memonitor kesepian. “[Kesendirian] adalah sinyal yang telah berevolusi untuk melindungi kita,” katanya. Dan begitu kesepian terdeteksi, kehadirannya memicu aktivasi sistem stres tubuh, yang seiring waktu dapat memicu peradangan kronis dan semua masalah kesehatan yang ditimbulkannya – mulai dari penyakit jantung hingga disfungsi GI.

 

Cacioppo mengatakan bahwa, bahkan sebelum Covid-19, kesepian tersebar luas di AS. Sebuah survei tahun 2019 dari perusahaan asuransi dan layanan kesehatan Cigna menemukan bahwa 61% orang Amerika melaporkan kesepian – lompatan tujuh poin persentase dari tahun sebelumnya. Dan sebuah jajak pendapat YouGov 2019 menemukan bahwa 23% dari Gen Zers dan 29% dari milenium merasa kesepian “selalu” atau “sering.” Krisis saat ini pasti akan menambah angka-angka itu.

“Kami menemukan di Wuhan bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan orang di media sosial, semakin banyak mereka melaporkan stres dan kecemasan.”

Menemukan cara alternatif untuk melawan kesepian
Penangkal yang jelas untuk kesepian – menghabiskan waktu bersama orang lain – saat ini sudah di luar kebiasaan. Namun Cacioppo mengatakan ada cara lain untuk memerangi kesepian. “Cobalah untuk memiliki kehidupan yang aktif dengan suatu tujuan,” katanya. Dia merekomendasikan membuat rencana untuk minggu mendatang yang melibatkan olahraga dan beberapa bentuk interaksi sosial proaktif – menelepon teman atau mengobrol online dengan anggota keluarga.
“Pikiran Anda tidak memiliki tempat berlindung di tempat pembatasan,” katanya. “Mengetahui bahwa kamu memiliki kapasitas untuk mengambil tindakan akan membantu.”

McIntyre dari University of Toronto juga merekomendasikan olahraga sebagai cara terbaik untuk meningkatkan suasana hati dan menangkal jenis-jenis stres yang dapat ditimbulkan oleh kesepian. Dan, mungkin berlawanan dengan intuisi, dia mengatakan bahwa menghindari media sosial mungkin merupakan ide yang baik. “Kami menemukan di Wuhan bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan orang di media sosial, semakin banyak mereka melaporkan stres dan kecemasan,” katanya, merujuk pada beberapa penelitiannya sendiri yang saat ini sedang menjalani peer review sebelum dipublikasikan.

Ini masuk akal karena beberapa alasan. Media sosial cenderung ramai dengan berita terbaru, dan pengingat yang hampir konstan tentang Covid-19 dapat memperburuk beberapa efek isolasi sosial dari stres. Juga, McIntyre mengatakan menghabiskan waktu online di “pertemuan sosial massal” sebagian besar terdiri dari orang asing atau pengguna anonim sangat berkorelasi dengan hasil kesehatan mental yang buruk. “Kami telah berevolusi untuk memiliki koneksi interpersonal yang aman, akrab, dan aman,” katanya. “Banyak hubungan sosial online tidak aman, aman, atau akrab.”
Yang mengatakan, menghabiskan waktu menggunakan teknologi untuk berinteraksi dengan teman atau anggota keluarga adalah ide bagus, katanya. “Apakah bertemu teman untuk secangkir kopi secara pribadi entah bagaimana berbeda dengan bertemu di FaceTime? Pada saat ini, semua bukti adalah bahwa itu sama bermakna dan berdampak. ”
Mengambil proyek yang telah direncanakan lama – mempelajari bahasa baru, misalnya, atau akhirnya mencoba meditasi – juga dapat mengilhami kehidupan dengan tujuan dan kesenangan dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh permainan video, podcast, dan binges Netflix.

Akhirnya, mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kekhawatiran, kecemasan, dan kesedihan yang dihasilkan oleh kesepian juga harus mengurangi dampak buruknya. Para ahli mengatakan bahwa reframing kognitif adalah salah satu teknik yang populer dan didukung oleh bukti untuk mengatur emosi negatif.

Harry Sunaryo

An IT Enthusiast. Founder Sanggar IT Lombok, Agromina.id. System Analyst. Programmer. Writer on Lombokit.com.

Recent Posts

Merencanakan yang Terbaik untuk Anak..

Setelah menikah, mimpi yang di idam-idamkan adalah hadirnya seorang anak dan kita mengerti bahwa anak…

1 week ago

Journey: Being Father is My Dream ✨

It's been long time, senang bisa menyapa semuanya, siapa-saja, bahkan yang hanya buka blog ini…

5 months ago

Seperti Cerita Kekaisaran Mongol..

Niki sato tumindi-tumindian masarakat babagan Kekaisaran Mongol sing diwreprésèntasikaké ing pangelingan duwé dua anak mudang…

11 months ago

The Chosen: Sang Manusia-Manusia Terpilih..

Spritual Awakening, ialah state baru disaat seseorang yang baru saja tlah melewati masa-masa terendah dalam…

1 year ago

Ayah, Aku Mau Klarifikasi..

It's been ages since you are not here. I never know how to solve my…

1 year ago

Siapa Orang ini? Yang Menginspirasi Siapa Saja..

Nyatanya, saya tidak butuh banyak waktu untuk terinspirasi. Saya tidak tahu tentang dia sebelumnya bahkan…

1 year ago