Tekan enter untuk melihat hasil dan esc untuk batal

Khabib : Sosok Petarung Islam yang Lengkap

5 min read

Saat ini, hampir setiap orang pecinta seni bela diri mengenal sosok ini. Khabib Nurmagodev, seorang petarung kelahiran Sil’di, Rusia yang tak terkalahkan dalam tarung duel UFC. Khabib, kini menjadi idola baru untuk banyak orang. Selain tampil sebagai seorang petarung terhebat kelas ringan UFC dengan 28 pertandingan, tidak terkalahkan sekalipun. Sosok khabib juga merepresentasikan sosok seorang muslim yang taat, berani dan rendah hati.

Terlihat dalam banyak kesempatan khabib seringkali menunjukkan karakter muslim yang tangguh dan rendah hati. Tidak absen, Khabib mengucapkan “Alhamdulillah” di setiap akhir kemenangannya. Khabib bahkan memperingatkan lawan tandingnya untuk menyerah lebih awal daripada dia akan menghajarnya.

Bila kita proyeksikan sosok Khabib merupakan kombinasi luar biasa dari sosok-sosok hebat yang membangun kejayaan islam. Sosok-sosok yang kita kenal sebagai sahabat rasululloh yang dimuliakan.

Karakter Khabib yang tegas dan keras dalam melawan musuh-musuhnya yang congkak seolah menampilkan sosok Ummar Bin Khattab r.a yang tegas dan tanpa ragu melawan siapapun yang merendahkan keyakinan, keluarganya dan dirinya. Usai Khabib menghabisi musuhnya pada pertarungan UFC 229, Khabib lompat keluar octagon untuk menghajar Tim Conor McGregor yang tlah menghina Khabib, hingga kericuhan tak terhindarkan. Dalam komferensi pers setelahnya Khabib Nurmagomedov memberi keterangan bahwa apa yang dilakukan Khabib dengan alasan yang kuat, tidak sebanding juga dengan apa yang tlah dilakukan Conor pada dirinya.

“Dia telah menghina agamaku, menghinaku negaraku, menghina ayahku. “. Kata Khabib.

Tegas Seperti Ummar.

Ternyata Abu Bakar dan Umar Pernah Bertengkar - inilah.com #Mozaik
Sumber inilah.com

Hal serupa juga pernah ditunjukkan oleh Khalifah ke-2, termasuk Khulafaur Rasyidin yaitu Ummar Bin Khattab r.a saat awal pertama masuk islam. Beliau tanpa ragu pergi ke samping Kakbah untuk mendeklarasikan keteguhannya memeluk dengan bersyahdat dihadapan para kaum Quraisy saat itu. Melihat Ummar yang bersikap berani dan rasa mengejutkan membuat orang-orang sekitar Makkah mendatangi hingga mengeroyoki Ummar. Namun, Ummar lah bukan seorang yang bernyali kecil, Ummar melawan semua orang yang mengeroyokinya sendiri. Keberanian Ummar itulah nampak terwariskan pada Khabib, ia tidak segan memukuli orang-orang yang mengintimidasinya terlebih agama, negara dan keluarganya.

Berani Seperti Zubair

Keberanian seorang Khabib Nurmagodev sebagai seorang muslim sekaligus petarung martial art merepresentasikan salah satu sahabat yang masuk ke dalam 10 manusia dijamin masuk syurga oleh rasululloh, yaitu Zubair Bin Awwam r.a. Zubair adalah sahabat yang paling dikenal akan keberaniannya, seorang Zubair bahkan dipercaya menjadi bodyguardnya Nabi Muhammad SAW, seperti posisi Nabi Harun a.s kepada Nabi Musa a.s. Keberanian Zubair Bin Awwam yang tidak gencar dengan ancaman dan gertakan musuh diperlihatkan oleh sosok Khabib saat akan menjawab semua tantangan kepadanya. Tanpa sungkan Khabib menjawab, jika ada yang ingin melawankan? Kirimkan saja lokasimu.

Kisah Zubair bin Awwam: Utang yang Membawa Kekayaan
Sumber finansialku.com

Tidak pula ketakutan nampak diwajah seorang Khabib saat Conference Pers, Khabib berjanji atas izin Allah akan menghantam petarung andalan UFC yaitu Conor McGregor hingga saat aksi mengejutkan Khabib terjun dari octagon untuk meninju Dillon Dannis, salah satu Tim McGregor secara membabi buta akibat penghinannya terhadap agama dan ayah Khabib.

Dermawan Seperti Abdurrahman Bin Auf

Abdurrahman Bin Auf dan Kemuliaan yang ALLAH SWT Limpahkan | The Atjeh Net
Sumber theatjeh.net

Sisi lain yang dilirik penggemar sosok Khabib yaitu kedermawanannya, Khabib terbukti memanfaatkan kekayaannya yang ditaksir USD30 juta dolar dengan mendidikan sekolah dikampungnya, Khabib terlibat aktif dalam lembaga amal dalam penanganan kasus kelaparan dan anak di Afrika & Nigeria. Aksi filantropi seorang Khabib pun direkam publik setelah pertarungannya dengan Dustin Priorier, kemenangan Khabib dalam pertarungan itu membuat Dustin harus mengeluskan dada untuk dapat menghasilkan uang dalam menjalankan gerakan sosialnya juga. Khabib kemudian merencakan memberikan hasil dari pertarungan dan hasil lelang dari atribut bertarungnya untuk digunakan mendukung gerakan sosial Dustin.

Sosok inspiratif muslimin yang dikenal akan kedermawanannya akan tertuju pada satu nama ini, yaitu Abdurrahman Bin Auf r.a. Ialah sahabat yang bertangan emas, kekayaan Abdurrahman bahkan dalam beberapa prawi hadist dapat dinikmati lebih dari 7 keturunannya dan dinikmati oleh sebagian besar ummat islam kala itu. Abdurrahman rajin memberikan sumbangan dan bantuan untuk seluruh ummat islam, bahkan pasca kematiannya Abdurrahman. Utsman Bin Affan pun turut menikmati pembagian harta dari Abdurrahman Bin Auf.

Meski tidak sekaya dan sebanyak harta yang disumbangkan Khabib. Namun, tetap saja apresiasi dalam kedermawanannya untuk sesama memberi dampak besar untuk kita. Diusia muda itu memilih banyak menghabiskan hartanya untuk diamalkan.

Tak Terkalahkan Seperti Khalid Bin Walid

Sumber akurat.co

Sosok sahabat yang satu ini adalah sosok yang paling saya suka, karakter dan kekuatannya sebagai seorang petarung yang tak pernah terkalahkan. Khalid Bin Walid termasuk satu diantara Assabiqunal Awwalun yang memiliki jurukan Syaifullah al-Maslul (Pedang Allah yang Terhunus) yang disematkan oleh rasul karena kekuatan dan kemampuan perangnya.

Darah kekuatan dan kemampuan berperang Khalid seolah mengalir pada sosok Khabib, sosok yang kini mampu menarik perhatian dunia dengan prestasinya sebagai petarung yang tak terkalahkan dan seluruh dunia mengakuinya.

Akhir Kata

Khabib Nurmagomedov atau lengkapnya Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov mampu menginspirasi banyak muslimin diseluruh dunia sekaligus mampu menjadi ancaman nyata untuk para penghina agama islam, meski dianugerahkan kemampuan luar biasa dalam bertarung serta kerendahan hati dan sikap terpuji lainnya membuat sosok seorang Khabib tidak sombong.

Pesan Khabib selalu:

√ Kata-kata Bijak Khabib Nurmagomedov Terbaru Kalimat Mutiara Sang Pegulat  UFC | Gingsul.com
Sumber gingsul.com

“When Allah with you, nobody can defeat you.”

Maka, libatkan Allah dalam segala urusan. Selalu, saat dan setiap sebelum dan sesudah bertarung, Khabib seringkali mengucapkan Alhamdulillah dan Insyaallah. Semata-mata karena Allah yang memberikannya semua ini, nafas, energi, kekuatan dan kemenangan ini.

Harry Sunaryo

An IT Enthusiast. Founder Sanggar IT Lombok & Agromina.id. System Analyst. Android Programmer. IT Consultant. Writer on Lombokit.com.

Yunita Alfiana Aziza

Public Relation. Women Equality Advocate. Founder & CEO YAA Production. Writer on blog.lombokit.com

http://blog.lombokit.com

id_IDBahasa Indonesia
Share via
Copy link
Powered by Social Snap