Tekan enter untuk melihat hasil dan esc untuk batal

Women in Tech : Mengubah Perspektif Perempuan di Dunia STEM

4 min read

Mengetahui sejarah women in technology sama kompleksnya dengan bidang itu sendiri. Gerakan women in tech tercetus dengan adanya kesadaran Gender-Gap yang ada di dalam dunia STEM (Science Technology Engineering Math) khususnya bidang teknologi sedangkan sejarah mencatat dan yang sangat perlu kita tahu bahwa pelopor pemrograman komputer adalah perempuan yang memperkenalkan Fundamental Of Programming pertama yaitu Ada Lovelace.

Hari ini, tercatat perempuan hanya memegang 20% pekerjaan teknologi yang tersedia. Bukan rahasia lagi bahwa perempuan sebagian besar kurang terwakili dalam bidang-bidang seperti sains dan teknologi. Perempuan memiliki banyak keunggulan untuk ditawarkan dalam dunia teknologi, dan keterlibatan mereka sangat memperkaya industri ini.

Lalu, apa alasan pentingnya keberadaan perempuan di dunia STEM?

Diversity Generates Smarter, Better Results

Penelitian menunjukkan bahwa keragaman menghasilkan kinerja yang lebih cerdas dan hasil lebih baik. Ketika sekelompok orang ditempatkan cendrung terbentuk untuk berpikir dengan cara yang sama, perbedaan pikiran sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi agar dapat memunculkan pikiran baru. Perusahaan seperti Apple didirikan berdasarkan pemikiran out-of-the-box. Apple menumbuhkan imajinasi dilingkungannya tentang apa yang bisa diciptakannya melalui teknologi. Kini, Apple adalah perusahaan bernilai trilyun dolar yang banyak berhasil menemukan teknologi terbaru dan paling inovatif.

Dalam mencapai ide imajinatif dan kreatif ini, industri teknologi membutuhkan orang-orang dari berbagai latar belakang (background). Suasana kerja yang beragam dan tidak mengekang mendorong pemikiran kreatif, peningkatan inovasi, dan problem-solving yang lebih baik.

Diversity Generates More Revenue

Perempuan tidak hanya dibutuhkan dalam teknologi untuk peningkatkan inovasi, tetapi juga dibutuhkan untuk meningkatkan pendapatan (revenue).

Banyak bukti menunjukkan bahwa perusahaan yang memiliki keberagaman gender dapat menghasilkan laba yang lebih baik daripada yang tidak. Faktanya, keunggulan perempuan dalam kalkulasi dan konsentrasi sangat berperan penting dalam pengelolaan finansial perusahaan. Lebih banyak pendapatan dalam sebuah perusahaan berarti lebih banyak dana untuk peningkatan, penelitian, inovasi, dan pengembangan.

Tech for Women, by Women

Jika perempuan tidak mencoba masuk dalam dunia sains dan teknologi, maka siapa lagi yang dapat mewakili perempuan-perempuan lain.

Teknologi digunakan di hampir semua aspek masyarakat era sekarang dan populasi perempuan lebih dari setengah populasi manusia di dunia. Perempuan dapat meng influence sebagian penggunaan teknologi untuknya. Namun, nyatanya keterlibatan perempuan yang belum masif dalam membangun ekosistem women in tech.

Akibatnya, perusahaan teknologi ‘seringkali’ tidak peka dengan produk yang berorientasi kebutuhan perempuan sebab kurangnya respon perempuan dalam masa development produk tersebut. Tim teknis di balik produk-produk memang mencakup pria dan perempuan, tetapi kepemimpinan perempuan diperlukan untuk mencapai pemenuhan kebutuhan pengguna yang optimal.

Dari sisi bisnis, perusahaan teknologi tanpa perwakilan perempuan akan kehilangan peluang untuk menyasar pasar dengan keuntungan demografis yang sangat besar.

For Future Generations

Salah satu alasan paling signifikan pentingnya keberadaan perempuan dalam industri teknologi adalah untuk mendorong dan menginspirasi generasi perempuan masa depan untuk bergelut dengan pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi.

Gerakan inisiatif seperti Girls Who Code dan Black Girls Code sangat membantu dalam membantu dan memfasilitasi perempuan lainnya. Namun, inspirasi paling berharga datang dari anak perempuan dan perempuan muda melihat perempuan lain yang benar-benar berhasil dalam industri teknologi. Penurunan dalam representasi perempuan di industri teknologi adalah salah satu konsekuensi yang paling terlihat dari budaya teknologi 30 tahun terakhir sebagai bidang yang didominasi pria. Karena jumlah programer perempuan menurun dari 36% pada tahun 1991, hasilnya adalah lebih sedikit perempuan dalam posisi kepemimpinan karena berkurangnya ketertarikan perempuan.

Apa penyebabnya? Bisa saja karena perempuan terlalu sering dijejali dengan betapa sulitnya untuk berhasil dalam industri teknologi yang didominasi pria, dan dengan alasan-alasan yang mengganggu lainnya. .

Namun, ketika perempuan muda melihat perempuan lain bekerja di bidang teknologi, mereka lebih cenderung melihatnya sebagai pilihan yang menarik dan memotivasi.

Di masa depan, bidang teknologi akan terus menciptakan lebih banyak pekerjaan, sebab menjadi kebutuhan baru diaspek kehidupan sehari-hari. Dengan mendorong lebih banyak perempuan untuk terlibat untuk melihat masa depan bagi diri mereka sendiri melalui dunia teknologi, maka akan lahir ekosistem women in tech yang dapat memberi keseimbangan dalam industri teknologi.

Keragaman hanya akan memperkuat industri teknologi, dan mudah-mudahan perempuan akan terus bergabung dalam jumlah yang lebih besar di tahun-tahun mendatang.

Mendorong keterlibatan perempuan dalam bidang-bidang tersebut tidak hanya membawa untung bagi bidang tersebut secara signifikan. Namun, dapat melahirkan peradaban yang lebik baik diwaktu mendatang dengan tingginya kesadaran bahwa keseteraan gender itu tidak lagi membatasi manusia dalam bekerja.

Berikut adalah 10 nasihat dari perempuan-perempuan yang memiliki posisi hebat di sebuah perusahaan teknologi. Semoga terkikis alasan-alasan paradigma keterbatasan gender untuk mendorong perempuan masuk dalam dunia STEM. 🙂

Artikel terjemahan dari Tech Media Today.

Harry Sunaryo

An IT Enthusiast. Founder Sanggar IT Lombok & Agromina.id. System Analyst. Android Programmer. IT Consultant. Writer on Lombokit.com.

Yunita Alfiana Aziza

Public Relation. Women Equality Advocate. Founder & CEO YAA Production. Writer on blog.lombokit.com

http://blog.lombokit.com

id_IDBahasa Indonesia
Share via
Copy link
Powered by Social Snap