Tekan enter untuk melihat hasil dan esc untuk batal

Filosofi Catur

2 min read

Permainan yang sudah diperkenalkan sejak Abad ke-6 di India, “Permainan Sepanjang Masa” itu menurut saya sebab permainan ini tetap dimainkan dari dulu hingga sekarang. Pada awalnya catur hanya terdiri 4 bagian yang mewakili unsur alam yaitu: air, tanah, udara & api yg konsepnya adalah pertarungan 2 kerajaan.

Seiring perkembangan, catur menyebar ke penjuru dunia yang dikisahkan di bawa oleh orang islam dari India & Persia. Bahkan, terdapat cerita bahwa Catur menjadi permainan terpopuler di Zaman Kekhalifahan Ali Bin Abu Tholib. 

Filosofis yang terkandung dalam catur sendiri begitu beragam, mungkin karena sebab itulah banyak yang menjadikan Catur sebagai permainan favorit.

PION : Dari sebuah pion kecil saja kita bisa belajar artinya Perjuangan & Pantang Menyerah, walau ia kecil namun ia tak pernah mundur sekalipun, ia kan selalu bergerak maju.

RATU : Pelajaran pentingnya seseorang bagi hidup kita, ntah itu teman, sahabat ataupun pasangan. Dalam permainan catur fungsi Ratu begitu penting sebab memiliki kemampuan berjalan kemana saja, kehilangan ratu dapat sangat melemahkan kekuatan sebab itulah ratu begitu berharga.

KUDA : Kuda termasuk bidak yang unik, ia tak mampu bergerak lurus ataupun miring. Kuda hanya dpt bergerak “L” namun di balik keterbatasan gerak membuat kuda termasuk bidak yang paling berbahaya karena dengan mudah mengilah & mengancam.

Sejatinya catur adalah permainan mengolah diri, tidak masalah siapa yang menang dan kalah. Yang terpenting adalah mampu menguasai diri, bersabar, mengolah nafsu, mempertimbangkan & menghasilkan keputusan cepat merupakan kriteria puasnya bermain catur. Seperti halnya hidup, kita harus cermat dalam berbuat, hati-hati dalam membuat keputusan, sabar dan jangan tergesa-gesa dalam menghadapi tantangan, pandai melihat peluang dan pastinya harus punya prinsip kuat untuk bertahan hingga akhir!

Belajarlah dari pion kecil, fungsi & gerak terbatas, tidak dapat berjalan jauh namun tetap gigih dalam perjuangan hingga pada akhirnya, ketika ia mampu tiba diujung garis kotak akhir lawan, jadilah dia apa yang dia ingin. Kegigihan membawanya kepada harapan yang terkabul, dan kesabaran membentuknya menjadi bidak yang lebih kuat. Selamat malam~

Harry Sunaryo

An IT Enthusiast. Founder Sanggar IT Lombok & Agromina.id. System Analyst. Android Programmer. IT Consultant. Writer on Lombokit.com.

Yunita Alfiana Aziza

Public Relation. Women Equality Advocate. Founder & CEO YAA Production. Writer on blog.lombokit.com

http://blog.lombokit.com

id_IDBahasa Indonesia
Share via
Copy link
Powered by Social Snap